14/Mei/2014
Oct 25

11 Faktor Yang Mempengaruhi Pulih asal Atlet Dalam Olahraga dan Latihan

Informasi Terkini | Kesehatan : 11 Faktor Yang Mempengaruhi Pulih asal Atlet Dalam Olahraga dan Latihan |- Blog Memuat Tentang Informasi Terkini, Dari mulai Informasi paling lama yang sudah di perbaharui, sampai yang paling terkini semua ada disini seru dan baru pastinya, terus ikuti perkembangan Up To Date hanya disini, setiap hari.
——————–||——————–
Yuk baca selengkapnya :
Kebanyakan atlit, khusus nya atlit propesional dapat terjadi tekanan baik secara fisiologis dan psikologis. Untuk itu dilakukan penyembuhan dalam latihan atau pulih asal. Dosen penjaskes Universitas Sriwijaya Drs. Maskur Ahmad, M. Kes membagi 11 faktor yang mempengaruhi pulih asal atlit :
1.Usia Atlet
Usia 25 tahun memerlukan waktu lebih lama untuk pulih asal sebelum melakukan aktivitas latihan kembali, sedangkan dibawah 18 tahun harus lebih banyak istirahat sebelem melakukan aktivitas latihan kembali. Pada usia 25 tahu keatas kemampuan organ dalam beraktivitas menurun, pada saat beraktivitas peningkatan tidak secara signifikan maka memerlukan keseimbangan pada pembentukan prostaglandine. prostaglandine adalah hormon pembentuk keseimbangan neuro muscles junetion.
2. Pengalaman
Pengalaman akan berpengaruh pada psikologis seseorang, karena atlet yang sudah berpengalaman seperti beberapa kali cidera akan cepat pulih asal nya dibandingkan atlet yang tidak berpengalaman.
3. Jenis kelamin
Wanita memerlukan waktu lebih lama untuk pulih asal dibandingkan pria karena faktor hormonal dalam tubuh misalakan pada wanita memiliki hormon progesteron dan pada pria memiliki hormon testosteron, proses  nya adalah karena hormon prigesteron mempengaruhi prostaglandin untuk menstabilisasi neuro musculus juntion lebih lambat dan lama sehingga proses pulih asal sedikit lebih lama dibandingkan pria.
3. Faktor tempat berlatih
Berlatih ditempat dingin memicu produksi hormon generativ seperti hormon pertumbuhan pada pria memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan berlatih di daerah panas karena pembentukan hormon baik pada pria maupun wanita lebih cepat ternbentuk.
5. Freedom Of Movement
Kebebasan untuk melakukan aktivitas gerak akan berdampak pada pulih asal atlet karena atlet akan lebih mudah dalam pulih asal pada saan melakukan aktivitas kebebasan bergerak.
6. Tipe serabut otot
Otot fasttwich lebih cepat pulih asal dibandingkan dengan otot slowtwich. Pada otot slowtwich penumpukan asam laktat lebih banyak sehingga aan berdampak pada kelelahan yang menyebabkan seorang atlet memerlukan waktu lebih lama dalam proses pulih asal.
7. jenis latihan
Aerobik vs Anerobik, aktivitas olahraga pada aerobik akan memerlukan banyak oksigen dan penumpukan asam laktat berlebihan oleh karena itu seseorang yang melakukan latihan aerobik akan lebih lama pulih asal nya dibandingkan dengan anaerob, hal ini dipengaruhi dengan lama latihan yang memerlukan banyak oksigen dan penumpukan asam laktat.
8. faktor psikologis
Atlet yang mengalami stres akan membutuhkan waktu lebih lama untuk recovery atau pulih asal. Pada saat seorang atlet mengalami stres akan menyembabkan produksi prostaglandine terganggu sehingga memerlukan waktu lebih lama setelah latihan.
9. kemampuan melepaskan diri dari trauma cidera
Atlet yang memiliki kemampuan melepaskan diri dari trauma cidera terutama pada cidera parah akan lebih cepat pulih asal dibandingkan yang mengalami trauma.
10. asupan gizi
Ketersediaan mikro nutrien tubuh seperti mineral, protein, lemak, karbohidrat harus seimbang dengan aktivitas kebutuhan energi perhari yang dikeluarkan oleh seorang atlet. Misalkan konsumsi karbohidrat 50 % lemak 20 % protein 30 %.
11. Sistem transfer energi dan pembuangan zat sisa
Pembuangan zat sisa bagi tubuh yang tidak berguna seperti urin, keringat, tinja semakin cepat transportasi untuk melepaskan dari dalam tubuh akan semakin cepat pulih asal.
Rw/25/10/2012